BREAKING NEWS

Selasa, 21 Maret 2017

Pengertian Jaringan Komputer Kumplit Dengan Penjelasannya



Pengertian Jaringan Komputer                      









Menurut definisi, Pengertian Jaringan Komputer atau yang dimaksud dengan jaringan komputer (computer networks) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomous. Dalam bahasa yang populer dapat dijelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer (dan perangkat lain seperti router, switch, dan sebagainnya yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara, Media perantara ini bisa berupa media kabel ataupun media tanpa kabel (nirkabel).
Informasi berupa data akan mengalir dari satu komputer ke komputer lainnya atau dari satu komputer ke perangkat lain, sehingga masing-masing komputer yang terhubung tersebut bisa saling bertukar data atau berbagi perangkat keras.


Untuk memudahkan memahami jaringan komputer, para ahli telah membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klarifikasi, di antaranya :
  • Berdasarkan area atau skalan
  • Berdasarkan media penghantar
  • Berdasarkan fungsi
Namun ada juga yang membagi jaringan komputer menjadi empat,
yaitu:
  • Berdasarkan area atau skala
  • Berdasarkan media penghatar
  • berdasarkan pola operasi(fungsi)
  • Berdasarkan metode acces control
Mungkin juga ada yang meng-klarifikasi-kan dengan cara berbeda.
Perbedaan ini hanyalah masalah sudut pandang saja.



Jangan lupa untuk membaca juga Topologi jaringan komputer, supaya kalian membaca menjadi semakin mengerti .....

Lanjut.....

a) Berdasarkan Area

Berdasarkan skala atau area, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
  • Locak Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Internet

1. LAN





Local Area Network adalah jaringan lokal yang dibuat pada area terbatas. Misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Kadangkala jaringan lokal disebut juga jaringan personal atau privat. LAN bisa digunakan pada sebuah jaringan kecil yang menggunakan resource secara bersama, seperti penggunaan printersecara bersama, penggunaan media penyimpaanan secara bersama, dan sebagainya.



2. MAN 




Metropolitan Area Network menggunakan metode yang sama dengan LAN namun daerah cakupannya lebih luas. Daerah cakupan WAN bisa satu RW, beberapa kantor yang berada dalam komplek yang sama, satu/beberapa kota, Dapat dikatakan MAN merupakan pengembang dari LAN.



3. WAN




Wide Area Network cakupannya lebih luas daripada MAN, Cakupan WAN meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan, satu dunia.  Metode yang digunakan WAN hampir sama dengan LAN dan MAN. Ummumnya WAN dihubungkan dengan jaringan telepon digital. Namun media transmisi lain pun dapat digunakan.


4. INTERNET




Internet adalah interkoneksi jaringan komputer skala besar (mirip WAN), yang dihubungkan menggunakan protokol khusus. Jadi sebenarnya Internet merupakan bagian dari WAN. Cakupan Internet adalah satu dunia bahkan tidak menutup kemungkinan antarpelanet. Koneksi antarjaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan Protokol yang khas, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)


Lalu bagaimana dengan jenis jaringan lainnya, seperti:
  •  Storage Area Network  (SAN)
  • Personal Area Network (PAN)
  • Cluster Area Network   (CAN)
  • Dan berbagai jargon lainnya?
SAN, PAN, CAN, DAN, lain-lain, secara umum dapat dikelompokan dalam LAN, MAN, WAN, dan internet. Hanya saja layanan yang disediakan berbeda-beda, sehingga dibuat istilah-istilah tertentu untuk membedakannya dengan yang lain.



b) Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan media penghantar, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Wire Network
2. Wireless Network

1. Wire Network 

Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. jadi, data mengalir pada kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasannya berbahan darsar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan sejenis Fiber yang disebut fiber optic atau serat optik, Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkan untuk MAN atau WAN menggunakan gabungan kabel tembaga dan serat optik. Serat optik  saat ini sudah semakin populer.


2. Wireless Network

Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghatar gelombang radio atau cahaya infrared atau LASER. Saat ini sudah semakin banyak public area atau lokasi tertentu yang menyediakan media wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses internet tanpa kabel. Frekuensi yang digunakan pada radio untuk jaringan komputer biasannya dikisaran 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Sedangkan pengunaan infared dan LASER ummumnya hanya terbatas untuk jenis jaringan yang hanya melibatkan dua buah komputer saja disebut point to point.



c) Berdasarkan Pola Operasi

Berdasarkan pola operasi atau fungsinya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:


1. Client Server 

Client Server adalah jaringan komputer yang mengharuskan salah satu (atau lebih) komputer difungsikan sebagai server atau central. Server melayani komputer lain yang disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses Web, e-mai, file, atau yang lain. Client Server Banyak dijumpai pada jaringan Internet. Namun LAN atau jaringan lain pub bisa mengimplementasikan client server. Hal ini sangat bergantung pada kebutuhan masing-masing


2. Peer to Peer


Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client, Jadi tidak ada komputer yang "lebih utama" dibandingkan komputer lain. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan access dari/ke komputer lain. Peer to Peer banyak diimplementasikan pada LAN. Walaupun dapat juga diimplementasikan pada WAN, WAN, atau Internet, namun hal ini kurang lazim Salah satu alasannya adalah masalah manajemen dan security. Cukup sulit menjamin security pada jaringan Peer to Peer manakala pengguna komputer sudah sangat banyak.


Mungkin sekain dulu untuk pengertian tentang jaringan komputernya,

Semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca.......
wassalam

Share this:

Posting Komentar

 
© 2017 INFO, TIPS, DAN PENGETAHUAN. Designed by